Cara Daftar UMKM Secara Online 2022 Lewat HP [Mudah]

Kalo lo punya usaha kecil-kecilan dirumah maka bisa banget coba Cara Daftar UMKM supaya bisa dapet bantuan modal dari pemerintah.

Kenapa bisa begitu? Dan gimana Cara Daftar UMKM?

Buat yang punya pertanyaan kaya di atas, maka lo harus baca lebih lanjut artikel yang bakal admin jelasin disini.

Tapi sebelum prestigecars.id ngejelasin lebih lanjut tentang Tata Cara Daftar UMKM, lo harus tahu dulu beberapa hal penting.

Dimana hal yang harus lo ketahui tersebut berkaitan dengan usaha apa yang lo punya dan gimana biar bisa didaftarin menjadi UMKM.

Di masa pandemi yang udah melanda Indonesia sejak awal tahun 2020 lalu, membuat orang-orang harus putar otak.

Yang mana mereka harus mikir gimana caranya perekonomian keluarga gak ikut turun akibat dampak covid 19.

Oleh sebab itu gak heran kalo banyak banget usaha-usaha yang bermunculan saat pandemi ini masuk ke Indonesia.

Nah biar usaha tersebut bisa berkembang dengan bantuan sedikit modal dari pemerintah maka lo harus daftarin menjadi UMKM.

Karena pemerintah punya pogram BLT untuk setiap pemilik UMKM yang ada di setiap daerah di Indonesia.

Buat tahu gimana Cara Daftar UMKM dan prosedur bantuan BPUM atau Bantuan Produktif Usaha Mikro tersebut, lihat penjelasannnya berikut ini.

Mengetahui Lebih Jauh Tentang Bantuan UMKM

Cara Daftar UMKM

Sebelum lo mulai daftarin usaha yang lo punya menjadi UMKM, maka ada beberapa alasan yang harus lo ketahui.

Dimana alasan ini adalah terkait kenapa lo harus daftarin usaha yang lo punya menjadi Usaha Mikro Kecil Menengah.

Jadi banyak orang yang berlomba-lomba mendaftarkan usaha yang mereka miliki untuk menjadi salah satu UMKM di Indonesia.

Hal ini dikarenakan setiap pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah atau UMKM akan mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Pemerintah menamakan bantuan tersebut BPUM yaitu Bantuan Produktif Usaha Mikro yang diperuntukkan untuk para pelaku usaha UMKM.

Sebenarnya bantuan yang diberikan pemerintah kepada para pelaku usaha merupakan wujud salah satu bantuan pelaku usaha yang terkena dampak pandemi.

Tercatat sebesar 12.8 juta pelaku UMKM yang terkena dampak pandemi covid 19 yang mana hal tersebut mempengarui ekonomi mereka.

Oleh sebab itu kenapa hadi BLT yang diperuntukan kepada pelaku usaha mikro seperti BPUM tersebut.

Lalu gimana sih caranya biar usaha yang kita punya bisa terdaftar sebagai UMKM dan bisa mendapatkan bantuan BPUM.

Agar tahu gimana kejelasan akan pertanyaan tersebut, langsung aja lihat penjelasan tentang persyaratan mendaftar UMKM berikut ini.

Persyaratan Mendaftar UMKM

Cara Daftar UMKM 2022

Sebelum mendaftarkan usaha yang lo punya, maka lo harus tahu dulu beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Persyaratan tersebutlah yang nantinya akan memutuskan apakah usaha yang kita punya bisa terdaftar UMKM atau tidak.

Nah untuk tahu apa aja persyaratan tersebut langsung aja lihat daftarnya di bawah ini :

  • Memiliki Nomor Induk Kependudukan atau KTP
  • Merupakan Warga Negara Indonesia
  • Memiliki usaha mikro
  • Tidak memiliki pinjaman di bank maupun koperasi
  • Bukan pegawai PNS, BUMD ataupun BUMN
  • Melengkapi persyaratan lampiran Kartu Keluarga (KK)
  • Melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) atau NIB.

Cara Daftar Online UMKM 2022

Cara Daftar Bantuan UMKM

Kalo semua persyaratan yang diminta udah dipastikan lengkap maka lo bisa langsung nyimak Cara Daftar UMKM Tahun 2022.

Untuk pendaftarannya sendiri sekarang lo bisa manfaatin kemajuan teknologi dan bisa mendaftarkan usahanya secara online.

Buat tata cara pendaftaran UMKM tersebut bisa langsung lihat di bawah ini :

  • Silahkan login ke dalam laman situs “https://oss.go.id“.
  • Apabila belum memiliki akun, maka silahkan daftarkan terlebih dahulu.
  • Kemudian silahkan pilih pendaftaran sesuai “Skala Usaha” yang dimiliki.
  • Berikutnya pilih “Pelaku Usaha Perseorangan”.
  • Setelah itu masukan “Nomor HP Aktif” serta masukkan alamat “Email” untuk pengiriman kode verifikasi.
  • Silahkan verifikasi dan lakukanlah pengisian formulir pendaftaran yang sudah disediakan dengan data yang sebenar-benarnya.
  • Setelah terisi semua, “Ceklist” pada bagian kotak disclaimer.
  • Berikutnya kamu bisa melanjutkan proses dengan mengklik Proses NIB (Nomor Induk Berusaha).

Catatan

Simpan data NIB yang sudah dibuat untuk keperluan pencairan bantuan.

Nah jika semua proses udah lo jalanin sesuai dengan prosedur, maka nantinya usaha yang lo miliki akan ditinjau kembali.

Dan jika memang berhak maka usaha yang lo punya akan masuk ke dalam daftar UMKM dan bisa mendapatkan bantuan.

Jenis UMKM Yang Bisa Mendapatkan Bantuan

Cara Daftar Online Bantuan UMKM

Ternyata tidak semua usaha bisa mendapatkan bantuan UMKM dari pemerintah, dan lo harus mempehatikan hal tersebut.

Nah supaya gak salah, maka lo harus kenalin jenis UMKM apa aja yng memang bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Untuk daftar jenis UMKM tersebut langsung aja lihat di bawah ini :

  • Usaha Mikro Di Bidang Pertanian.
  • UMKM Di Bidang Otomotif.
  • Usaha MIkro Di Sektor Kuliner

Nah ketiga jenis UMKM di atas yang apabila lo sudah tahu Cara Daftar UMKM, bisa mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Artikel Lainnya :