Cara Daftar BPUM Dan Syarat Yang Harus Di Penuhi 2022

Siapa nih yang lagi cari-cari tau tentang gimana Cara Daftar BPUM? Kalau memang kamu salah satunya bisa simak deh pembahasan disini.

Sekarang ini udah banyak banget ya program pemerintah yang memang disalurkan untuk masyarakat.

Karena di tengah situasi pandemi ini tuh udah banyak banget sektor-sektor yang ngalamin penurunan, ya.

Soalnya kan memang karena pandemi ini masyarakat jadi punya batasan untuk ngelakuin sesuatu atau lainnya.

Bahkan nih ya di masa pandemi ini juga banyak karyawan-karyawan yang kena PHK atau pemutusan hubungan kerja.

Yang artinya dengan itu banyak orang yang ngalamin kesusahan secara ekonomi atau lainnya ya guys.

Nah, engga cuma itu aja sih kalau banyak juga pelaku usaha mikro terkena dampak yang lumayan besar, lho.

Banyak pelaku usaha yang ngalamin kerugian karena memang adanya pandemi ini buat usahanya jadi kurang pemasukan.

Untuk itu, pemerintah ngadain program yang bagus banget untuk kelangsungan usaha para pelaku usaha ini.

Program yang dikeluarin pemerintah ini namanya BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro) yang memang dikhususin untuk pelaku usaha.

Kalau kamu juga seorang pelaku usaha, kamu bisa banget nih daftarin usaha kamu ke bantuan yang satu ini.

Untuk informasi selengkapnya bisa banget sih simak pembahasan di bawah ini.

Capcus ke informasinya disini, ya guys!

Syarat Untuk Daftar Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM)

Cara Daftar BPUM

Di kutip dari bonline BPUM atau BLT UMKM ini tuh memang salah satu program pemerintah yang dikeluarin untuk para pelaku usaha.

Pelaku usaha yang bisa dapetin bantuan ini tuh pelaku usaha yang kena dampak pandemi Covid-19, ya guys.

Bantuan Produktif Usaha Mikro ini tuh disalurin ke 12,8 juta pelaku usaha yang mana setiap orangnya dapetin 1,2 juta.

Nah, penyaluran ini tuh bisa aja dilakuin di bank BRI, BNI, Mandiri, dan BPD di daerah masing-masing.

Kalau kamu mau daftarin usaha mikro yang kamu punya itu, bisa banget tapi harus ngikutin syarat-syarat yang ada.

Langsung aja deh kalau gitu kita simak apa aja syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk daftar BLT UMKM ini.

Di bawah ini, ya daftar persyaratan yang ada untuk BPUM ini.

  • Warga negara Indonesia (WNI) dan punya E-KTP.
  • Pelaku usaha yang engga pernah dan belum pernah dapet BPUM (Badan Poduktifitas Usaha Mikro).
  • Bukan dari anggota TNI/Polri, ASN (Aparatur Sipil Negara), dan juga bukan pegawai BUMN/BUMD.
  • Pelaku usaha yang udah pernah dapetin BPUM sebelumnya.
  • Kalau kamu punya domisili atau alamat KTP yang beda sama alamat usaha harus sertain SKU (Surat Keterangan Usaha), ya.
  • Engga dalam masa nerima pinjaman dari Bank atau juga Kredit Usaha Rakyat (KUR).
  • Punya usaha mikro yang dimana ada surat dari Dinas Koperasi dan UKM daerah setempat.

Itu dia syarat-syarat yang memang harus kamu penuhin kalau mau daftarin usaha mikro yang kamu punya ini.

Manfaat Dari Cara Daftar BPUM 2022

Memang ya informasi terkait bantuan BPUM ini harus banget diketahuin sama para pelaku usaha yang ada.

Karena memang bantuan ini kan ditujunya untuk para pelaku usaha yang punya usaha mikro dan terdampak pandemi.

Nah, BPUM ini pastinya program yang dikeluarin sama pemerintah dan juga punya banyak manfaatnya.

Pastinya pada mau tau dong ya kira-kira apa aja manfaat yang ada di BPUM ini?

Kalau gitu, disini mimin kami bakalan kasih tau deh informasi tentang manfaat apa aja yang ada, di bawah ini.

  • Bantuan ini diharapin bisa ngembangin usaha yang lagi dijalanin dan bahkan supaya bisa nyiptain lapangan kerja yang baru.
  • Bisa ngebantu orang-orang yang kesulitan dalam ngejalanin usahanya entah karena kurang modal, atau untuk biaya promosi.
  • Bisa ngurangin pengangguran yang ada di negara Indonesia ini.
  • Dan juga diharapin bisa munculin wirausaha baru yang bisa ngerintis usahanya tanpa terkendali soal biaya.

Cara Daftar BPUM 2022 Online

Nah, kan udah tau banyak nih soal bantuan BPUM ini, sekarang saatnya untuk daftarin usaha kamu ya guys.

Di bawah ini juga mimin bakalan kasih langkah-langkah supaya bisa daftarin usaha dengan mudah tanpa bingung deh.

  • Kamu bisa masuk aja ke situs oss.go.id.
  • Kalau udah bisa “login” atau “buat akun” kalau belum punya akunnya.
  • Udah selesai buat akun, bisa langsung login terus klik “Prizinan Berusaha > Perorangan”.
  • Klik lagi “Nomor Induk Berusaha (NIB)” untuk pemilik usaha mikronya.
  • Lalu, kamu bisa langsung isi “Data” yang sesuai dibutuhinnya.
  • Pas udah selesai klik “Simpan dan Lanjutkan”.
  • Pilih lagi “Tambah Usaha” yang ada di formulir usaha.
  • Terus klik “Simpan dan Lanjutkan”.
  • Kamu bisa “Akses Izin Lokasi” dan klik aja “Selanjutnya”.
  • Kalau udah selesai semua, kamu bisa cek kelengkapan data dan kalau udah bener semua centang bagian “Disclaimer” terus klik “Proses NIB”.
  • Terakhir “Izin Usaha” yang ada bisa dicetak ke bentuk QR.

Selanjutnya kamu bisa lanjutin aja proses pengajuan dengan ngajuin izin komersial/ operasional dengan cara di bawah ini.

  • Klik aja di menu permohonan terus klik “IUMK > Izin Komersial/Operasional”.
  • Pilih aja “Nama Kegiatan Usaha” dan klik “NIB”.
  • Nanti bakalan muncul kegiatan usaha dan kamu pilih “Kegiatan Usaha”.
  • Terus pilih lagi aja opsi “Izin Komersial/Operasional”.
  • Kamu bisa langsung lengkapin “Data” yang ada dan kalau udah klik “Simpan”.
  • Cek data yang diisi dan kalau udah lengkap klik “Lanjut dan Simpan”.
  • Klik lagi “Preview” untuk liat semua data yang udah diterbitin sama OSS.
  • Selesai.

Itu sih cara-cara yang bisa dilakuin untuk daftar BPUM, mudah kan engga susah walaupun memang banyak berkasnya? Selamat mencoba ya!